Entri Populer

Selasa, 29 November 2011

BULAN MUHARRAM



Muharam adalah awal bulan tahun hijriyah, yang hitungannya berdasarkan peredaran bulan. Awal harinya dimulai dari tenggelamnya matahari dan bulannya ditandai dengan munculnya bulan sabit (hilal). Oleh karena itu tahun hijriyyah juga dinamakan tahun qomariyah. Tahun hijriyyah berpijak  dari hijrahnya Nabi Muhammad SAW dai Makkah ke Madinah. Hijrah Nabi dijadikan tonggak alas an khalifah Umar bin Khattab, setelah melalui proses musyawarah dengan para sahabat lainnya.  Karena sejak itu, Allah swt menampakan dan memilah antara kebenaran dan kebatilan.
Muharam ditetapkan sebagai awal bulan dalam tahun hijriyyah oleh khalifah Umar bin Khattab RA, Usman bin Affan RA, Ali bin Abi Thalib KWJ, setelah mengadakan musyawarah dengan para pembesar sahabat lainnya. Meskipun hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah terjadi pada bulan Robi’ul awwal. Muharam artinya yang dihormati, karena pada bulan ini manusia terlarang melakukan perbuatan yang tercela, seperti maksiat. Dalam bulan ini juga terlarang melakukan peperangan kecuali sangat terpaksa yaitu karena membela diri dan diserang terlebih dahulu. الله swt berfirman dalam surat al Baqarah ayat  194  yang artinya 

Bulan Haram dengan bulan haram dan pada sesuatu yang patut dihormati, berlaku hukum qishaash. oleh sebab itu barangsiapa yang menyerang kamu, Maka seranglah ia, seimbang dengan serangannya terhadapmu. bertakwalah kepada Allah dan Ketahuilah, bahwa Allah beserta orang-orang yang bertakwa.

عن ٲبي هريرة رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم أفضل الصيام بعد رمضان شهر الله المحرم . وأفضل الصلاة بعد الفريضة صلاة اليل.

“Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda: “Puasa paling utama setelah ramadhan adalah bulan Allah swt, Muharram. Dan shalat paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam.”(HR. Muslim)

Di dalam kitab “Kanzun an-Najah wa as-Surur” Syekh Abdul Hamid Quds hal. 10 mengatakan

قال الغزالى فى الأحياء عن النبى أنه قال من صام ثلاثة ايام من شهر حرام الخميس والجمعة والسبت   كتب الله تعالى له عبادة سبعماٸة عام

“Siapa yang berpuasa tiga hari dari bulan haram: kamis, jum’at dan sabtu, maka Allah swt menulis baginya ibadah 700 tahun”.

Semoga kita di Bulan Muharram ini bisa memanfaatkan waktu kita dengan sebaik-baiknya dengan melaksanakan ibadah kepada Allah swt, dengan segenap rasa cinta kepada Allah dan Rasul-Nya. Maka dengan itu mudah-mudahan kita diberikan keridhoan oleh Allah swt. Aminnnn……

(Disarikan dari buku Sejarah Hari dan Hari bersejarah karya KH. Syekh Misbahul Anam at-Tijani)



Tidak ada komentar: